Monday, June 15, 2015

Instalasi Hadoop 2.7.0 di Ubuntu 14.10 dan WordCount App

Postingan kali ini berbicara teknis lagi yaitu tentang instalasi Apache Hadoop. Proses instalasi yang hanya memakai terminal bikin bingung karena baru berhadapan lagi dengan yang namanya terminal di Ubuntu 14.10. Biasanya klik2 saja.


Menurut wikipedia, Apache Hadoop adalah sebuah open-source framework untuk pemrosesan data-sets skala besar dalam clusters hardware komputer yang terjangkau dan mudah diperoleh. Jadi berbicara tentang data maka disini hadoop akan menyiapkan sebuah tempat untuk data yang sangat besar.

Jika ada yang sering dapat masalah penyimpanan log file misalnya log web server dan lain-lain yang terus membesar dan kapasitas hdd tidak mencukupi maka bisa mencoba hadoop ini.

Saya belum terlalu mengerti mengenai fungsi dan pengaplikasian pada server internet tapi disini saya akan memperlihatkan laporan tentang bagaimana menginstalasi hadoop dan bagaimana menjalankan aplikasi penghitunga kata (wordcount) di hadoop. Ini adalah salah satu tugas kuliah .



Langkah-langkah instalasinya bersumber dari situs apache hadoop dan juga beberapa sumber tanya jawab di internet seperti stackoverflow ini sudah saya ketik dengan rapi dan simpan dalam bentuk pdf yang bisa diunduh di drive

Mungkin ada yang bingung atau belum bisa unduh? atau pertanyaan mengenai langkah-langkahnya bisa isi komentar di bawah untuk berdiskusi. :)

Selamat mencoba.
sumber gambar dari situs ibm.com

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...