Friday, June 12, 2015

Menulis ke SD Card di Arduino Mega 2560


Tugas kuliah kali ini adalah merakit kembali perangkat pengamatan cuaca yang terdiri dari perangkat utama Arduino Mega 2560 dan Ethernet Shield yang akan dipakai untuk menulis file atau koneksi ke jaringan. Sedangkan perangkat pengamatan cuacanya terdiri dari modul SHT1x untuk membaca temperatur dan kelembaban , modul BMP085 untuk membaca temperatur, tekanan dan ketinggian, modul RTC DS1307 sebagai pembaca waktu real time.

Semua perangkat tersebut dirakit dan disambung dengan timah solder dan juga dengan jumper. Seperti kita lihat pada gambar di atas.

Perangkat ini setelah dirakit, semua bekerja dengan baik kecuali LCD yang belum bisa ON (menyala) sehingga kita bisa mengamati cuaca dan lainnya dengan memonitor secara langsung dari PC dengan menggunakan aplikasi dari Arduino. Aplikasi ini saya jalankan di Ubuntu 14.10 dan sambungan ke arduino menggunakan kabel printer.  LCD yg tidak On ini disebabkan karena masih ada yang belum tersambung kaki (pin) yang belum tersambung.


Yang ingin kita (kelompok dalam kelas) lakukan saat ini adalah membuat LCD On, menulis hasil pengamatan langsung ke SD Card dan bisa mengaktifkan networknya.

Sekarang, kita akan bahas dulu bagaimana menuliskan ke file sesuai penuntun yang ada di forum arduino (1) , (2) dan (3). Tulisan ini sekaligus catatan singkat untuk ketiga referensi tersebut. Terutama yang nomor (1) untuk bisa menjalankan LCD dan Menulis File bersamaan karena awalnya sama-sama menggunakan pin 53.




Pada tutorial tersebut disebutkan bahwa untuk menuliskan ke file maka pin berikut harus dihubungkan,

Arduino Mega |  Ethernet Shield
50      <===>             11
51      <===>             12
52      <===>             13
53      <===>               4

Dan pada file .ino pada baris perintah pinMode dan SD.begin seperti di bawah ini kita masukkan nilai 53,

pinMode(53, OUTPUT);
   
  if (!SD.begin(53)) 

Setelah semua kode sudah selesai, simpan dan upload ke arduino.

reff,

1. http://forum.arduino.cc/index.php?topic=161313.0
2. http://forum.arduino.cc/index.php?topic=165170.0
3. http://www.arduino.cc/en/Tutorial/ReadWrite

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...